Minggu, 22 Januari 2012

Susu Kambing VS Susu Sapi

Berikut adalah perbandingan antara susu kambing dan susu sapi :

· Muatan gizi susu kambing lebih sedikit dari susu sapi tetapi susu kambing lebih mudah dicerna karena molekul lemak pada susu kambing mempunyai ukuran 1/5 dari molekul lemak pada susu sapi-sehingga mudah larut dalam sistem pencernaan

· 72% susu yang diproduksi dunia berasal dari susu kambing. Harganya 1/3 lebih mahal dari susu sapi tetapi lebih baik dan mudah dicerna.

· Rasa dari susu kambing sebanding dengan susu sapi. Susu kambing memiliki rasa yang lebih lembut.

· Susu kambing tidak memiliki krim yang terpisah karena molekul lemak yang lebih kecil).

· Susu kambing memuat bibit vitamin A dalam lemak susu yang memungkinkan untuk siap digunakan oleh tubuh

· Susu kambing memuat kolestrol yang berkembang dalam kadar yang lebih tinggi daripada susu sapi, membuatnya lebih mudah untuk diserap otak dan tubuh. (Kolestrol penting untuk kesehatan selubung myelin “sesuatu yang putih” dalam syaraf otak)

· Susu kambing mendekati ASI dan karenanya mudah dicerna oleh bayi .

· Susu sapi mempunyai reaksi alkaline yang sama dengan ASI. Sedangkan susu sapi mempunyai reaksi acid.

· Susu kambing tidak menghasilkan lendir dan karenanya lebih mudah dicerna oleh penderita asma dan alergi.

· Susu kambing memuat lebih banyak chlorine, fluorine,dan silicon dibanding binatang ternak lainnya. Chlorine dan fluorine adalah disinfektan alami (disinfektan = dapat membunuh microorganism yang membawa penyakit)

· Susu kambing mengandung 2% curd (semacam sifat fermentatif pada susu), yang mengendap di perut. Sedangkan susu sapi 10% curd.

· Kambing secara alami tahan terhadap penyakit, seperti TBC, dan digunakan di negara dunia ketiga sebagai obat TBC karena kambing mempunyai zat antibodi dalam tubuhnya.

· Susu kambing baik dikonsumsi oleh penderita liver karena molekul lemak pada kambing lebih kecil (dibanding susu sapi) dan sejenis secara alami.

· Susu kambing mempunyai kemampuan untuk menghaluskan saluran usus dan membantu kesulitan buang air besar.

· Susu kambing mengandung carotene (pro-vitamin A) yang tinggi .Para peneliti telah menemukan carotene mempunyai sifat mencegah kanker.

Sumber: Natures Prescription Milk by Gloria Gilbere, N.D., D.A. Hom., Ph.D.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar